Minggu, 28 Oktober 2012

Jadwal Dan Cara Tidur yang Baik

Posisi tidur yang baik dalam kaitannya dengan tidur yang baik bagi kesehatan ini adalah posisi tubuh miring ke kanan dengan kaki bagian atas di tekuk, dan tangan kiri sebagai bantal. Tidur dengan posisi ini dapat bermanfaat agar mengalirkan darah ke otak dengan sempurna, karena posisi kepala lebih rendah dari jantung. Posisi tidur yang membuat bodoh adalah dengan tidur terlentang, tengkurap, dan kaki mengangkang. Posisi ini tidak baik hal ini disebabkan karena aliran darah tidak lancar, perut dan dada tertekan, juga aliran darah ke otak juga terhambat.

Bila dilihat waktu tidur yang baik atau jam tidur yang baik adalah berkisar pada jam 20.00 WIB – 01.00 Pagi. Selanjutnya 01.00-04.00 digunakan untuk belajar, pukul 04.00 – 06.00 untuk olahraga, dan seterusnya.Hanya saja hal ini tidak lazim di kebanyakan masyarakat kita ini. Saat tidur yang tidak baik adalah pukul 06.30 WIB setelah matahari terbit, pada tengah hari pukul 11.30 – 12.00 WIB dan pukul 17.30 WIB saat matahari tenggelam. Tidur pada saat tersebut akan mengakibatkan seseorang linglung dan separuh kesadarannya hilang, diakibatkan oleh keseimbangan alam yang pada waktu-waktu tersebut harus berada pada kondisi sadar.

Jumlah tidur yang dibutuhkan tergantung pada berbagai faktor, terutama usia Anda. Setidaknya orang dewasa membutuhkan delapan jam per hari untuk tidur. Cukup tidur dapat memberikan kebugaran pada tubuh, sehingga Anda dapat menjalankan segala aktivitas dengan baik keesokan harinya. Perhatikan pedoman umum untuk kelompok usia yang berbeda:

Usia bayi, jumlah tidur yang disarankan 14-15 jam
Usia balita, jumlah tidur yang disarankan 12-14 jam
Usia anak sekolah, tidur yang disarankan 10-11 jam
Usia dewasa, tidur yang disarankan 7-9 jam

Tidur yang baik berada dalam keadaan atau ruang yang gelap, terhindar dari cahaya yang menyengat dan silau. Rangsang cahaya yang terlalu banyak, menyebabkan otak tidak optimal dalam melakukan defragmentasi data-data yang terekam sebelum tidur, hal ini akan berdampak kepada daya ingat pada jangka waktu yang lama.

Dengan kita mengamalkan dan menjalankan pola tidur yang baik akan bisa menjaga kesehatan dan juga kebugaran tubuh kita masing-masing yang dalam kesehariannya telah menjalani aktifitas kehidupan dan bergelut dengan rutinitas pekerjaan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar